Sesuai janji saya pada artikel sebelumnya (Membuat file konfigurasi .ini dengan delphi) yaitu membuat file registry dengan delphi, ya kali ini saya coba menepati janji. Registry, dalam platform sistem operasi Microsoft Windows 32-bit, merupakan sebuah basis data yang disusun secara hierarkis yang mengandung informasi mengenai konfigurasi sebuah sistem, mulai dari konfigurasi perangkat keras, perangkat lunak, asosiasi ekstensi berkas dengan aplikasinya hingga preferensi pengguna. Registry merupakan pengganti berkas-berkas konfigurasi *.INI yang digunakan dalam sistem Windows 16-bit (Windows 3.x dan Windows for Workgroups). Registry, pertama kali diperkenalkan di dalam sistem Windows 16-bit sebagai penampung informasi mengenai pemetaan/asosiasi ekstensi berkas dengan aplikasinya, dan kemudian dikembangkan menjadi basis data dengan cakupan yang luas pada sistem-sistem operasi keluarga Windows NT. Registry juga kemudian digunakan pada sistem operasi kelas rumahan: Windows 95, Windows 98 dan Windows ME, tapi memang implementasi yang cukup bagus dari registry terdapat di dalam keluarga sistem operasi Windows NT. Nah bagaimana cara membuat atau merubah registry? Mudah saja bila Anda menggunakan fasilitas regedit, Anda tinggal masuk atau menjalankan melalui RUN->ketik “regedit” lalu tekan enter, maka munculah halaman registry.

Tetapi bagaimana bila ingin merubah registry menggunakan program delphi? Lihat contoh di bawah ini. Pada awal program tambahkan klausa registry pada bagian uses.
kodenya sbb:



procedure TForm1.Button1Click(Sender: TObject);
var
reg:Tregistry;
begin
reg:=TRegistry.Create;
Try
reg.RootKey:=HKEY_CURRENT_USER;
reg.OpenKey('\SOFTWARE\ProgramAnda\',true);
reg.WriteInteger('Status',1);
reg.WriteString('Nilai','tes');
reg.CloseKey;
finally
reg.free;
end;
end;

Hasil program di atas akan membuat variabel registry bertipe integer dan string yang disimpan di “HKEY_CURRENT_USER\SOFTWARE\ProgramAnda\”. Coba Anda jalankan programnya, dan lihat hasil registrynya melalui halaman regedit yang sudah saya jelaskan tadi di atas.

Anda bisa merubah lokasi root atau lokasinya sesuai yang diinginkan, bahkan banyak pembuat program yang bersifat trial menyimpan variabel-variabel yang rahasia di registry. Bila Anda mau Anda bisa membuat aplikasi seperti patch program melalui registry dengan delphi atau menghilangkan sebagian fungsi dari operasi sistem, seperti fungsi run, find, task manager dll. Berikut kodenya seperti berikut :

?View Code DELPHI



procedure TForm1.Button1Click(Sender: TObject);
var
reg:TRegistry;
begin
reg:=TRegistry.Create;
try
if CheckBox1.Checked then
begin
reg.RootKey:=HKEY_CURRENT_USER;
reg.OpenKey('\SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\System',true);

//Nilai 1 = enable, 2 disable
reg.WriteInteger('DisableTaskMgr',1);
reg.CloseKey;
end

else
begin
reg.RootKey:=HKEY_CURRENT_USER;
reg.OpenKey('\SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\System',true);

//Nilai 1 = enable, 2 disable
reg.WriteInteger('DisableTaskMgr',0);
reg.CloseKey;
end;
finally
reg.Free;
end;
end;

Program ini belum sepenuhnya sesuai dengan tampilan, untuk fungsi run dan find belum bisa dijalankan, karena code nya belum saya masukan. Tapi Anda bisa mencobanya dengan lokasi registry seperti berikut : Untuk fungsi RUN HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\Explorer Dengan variabel NoRun Untuk fungsi FIND HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\Explorer Dengan variabel NoFind Nilai default adalah 0 ( 0 = enable, 1 = disable) Sebagian perubahan nilai registry tidak berpengaruh sampai Anda melakukan restart komputer. Program di atas bisa Anda download melalui link di bawan ini.
Diposkan oleh Borland7

0 komentar:

Visit the Site
MARVEL and SPIDER-MAN: TM & 2007 Marvel Characters, Inc. Motion Picture © 2007 Columbia Pictures Industries, Inc. All Rights Reserved. 2007 Sony Pictures Digital Inc. All rights reserved. blogger templates